Kamis, 12 Desember 2013

E-Commerce


1.        Definisi
ECommerce dapat didefinisikan sebagaisegala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barangatau jasa secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer, salah satunya adalah Internet.

2.        Tujuan
Membangun konsep pasar bukan sekedar tempat jual beli, sebagai pusat informasi, Pengelolaan yang berorientasi pada pelayanan, kombinasikonsepsi pelayanan konvensional dan virtual.

3.        Jenis-jenis
E-Commerce terdiri atas beberapa jenis, yaitu :
1.
Consumertoconsumer (C2C)
           pesertanya adalah individu, dengan satu pihak sebagai pembeli dan pihak lainnya sebagai penjual.

2. Business-to-Consumers (B2C)
Penjualadalahsuatuorganisasidanpembeliadalahindividu.

3. Consumer-to-Business (C2B)
Padajenisini, konsumenmemberitahukanbarangataulayanan yang dibutuhkannya, danselanjutnyaorganisasi-organisasibersainguntukmenyediakanbarangataulayanantersebutkepadakonsumen.

4.    Kekurangan Pasar Tradisonal
1. Time
2. Distance 
3. Market Exposure
4. Technology Development

5.    Model Proses dalam Ecommerce
1. Pencarian dan identifikasi
2. Seleksi dan negosiasi
3. Pembayaran produk dan jasa secara elektronik
4. Produk dan jasa pengiriman
       5. Layanan aftersales
6.    Ecommerce Software
• Catalog management
• Product configuration
Shopping cart facilities
       • Ecommerce transaction processing
• Web traffic data analysis
7.        Ancaman
a.       Insiden penggunaan E-dan M-Commerce
b.      Pencurian properti intelektual (Intellectual property dan Paten dalam proses bisnis)
c.       Pencurian (Phishing, penipuan pelelangan online, Spam, Pyramid Schemes, Investment fraund, dan Stock scams)

8.        Tantangan
a.       Mendefinisikan model e-commerce yang efektif dan strategis
b.      Perlu mengubah sistem distribusidan proses kerja
c.       Mengintegrasikan pemrosesan order berbasis wab dengan tradisional

9.        Kelebihan
a.       Menurunkan biaya operasional, menaikkan profit
b.      Meningkatkan pangsa pasar
c.       Melebarkan jangkauan pemasaran
d.      Mengurangi penggunaan waktu, meningkatkan produktifitas
e.       Meningkatkan layanan ke pelanggan (untuk beberapa kasus)
f.       Fleksibelitas
g.      Aliran pendapatan yang menjanjikan

10.    Kekurangan
a.       Membutuhkan keahlian computer
b.      Biaya untuk akses internet
c.       Resiko kebocoran data personal
d.      Berdasarkan kepada kepercayaan
e.       Kerugian financial karena penipuan
f.       Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan

11.    Tips memproteksiprivasisaat online

Tips
Alasan
Jangan pernah memberikan informasi pribadi, terutama nomor identitas (ssn)
Asumsikan bahwa informasi yang diberikan tentang data personal akan muncul di database suatu tempat
Sebelum registrasi kesebuah website, periksa dulu kebijakan privasinya
Carilah BBB atauTRUSTe seal. Jika situs tersebut tidak menjelaskan bagaimana mereka anak menggunakan informasi pribadi, berhati-hati!
Berhati-hati dalam mengirim email, pesanke group, atau chatting
Segala sesuatu yang dikirim di forum-forum tersebut dapat dilihat dan digunakan oleh marketer untuk mengubah profil personal
Update software browser
Beberapa browser yang terupdate memiliki teknologi enkripsi yang tersedia dan bias unduh
Pertimbangkan untuk membeli digital ID untuk menggantikan informasi asli
Ini memungkinkan user mengakses halaman web secara anonimous



Tidak ada komentar:

Posting Komentar